Cara Membuat Website Desa Gratis

Cara Membuat Website Desa Gratis

Sudah beberapa tahun berjalan adanya program pengadaan website untuk desa dari pemerintah dalam hal ini kemendes dan kemenkominfo. Desa-desa di indonesia di berikan situs web berikut dengan tim pendamping / pelatihan penggunaan situs plus tidak ketinggalan perangkat pendukung.
Tujuan utama dari program ini adalah supaya desa-desa dapat memanfaatkan adaya website desa guna mengenalkan potensi wisata, komoditi lokal, sosial budaya, makanan khas serta semua yang menarik terdapat di desa tersebut. Dan belakangan di era "dana desa" website desa juga digunakan sebagai media transparansi penggunaan anggaran desa kepada masyarakat dengan menerbitkan data penggunaan anggaran, pendapatan dan belanja desa di web supaya dapat di lihat warganya.

Pada tahun 2014 lalu di kabupaten saya program ini masuk ada banyak desa mendapatkan paket website gratis lengkap dengan perangkat untuk mengelolanya seperti komputer, printer, modem, kamera digital dan lainnya tapi desa saya tidak mendapatkan bantuan ini dari disubkominfo kabupaten boro-boro sebagai orang yang bisa web desain saya di pilih mengurus pembuatan web untuk desa-desa bayaran murah tak apa siap anggap bakti kemajuan daerah ehh malah mengambil tenaga web development kota besar dengan kontrak yang tau ah gelap.
Waktu itu saya sangat kecewa, protes dan di sarankan buat proposal pengajuan permintaan bantuan tapi sudah buat dan di kirim pun tidak kunjung datang bantuan tersebut sampai akhirya saya modal sendiri beli hosting install cms, domain dot .com dan premium wordpress themes sebagai template website desa dengan total biaya anggaran Rp2.000.000 untuk membuatkan website desa terbaik yang jauh lebih keren ketimbang milik desa lain yang websitenya dari pemberian pemerintah.

baca juga manfaat adanya website bagi pemerintahan desa
.

Sekian lama sampai saya sudah lupa masalah ini, 7 bulan lalu ada seorang perangkat desa dari kabupaten tetangga datang kerumah saya meminta dibuatkan website untuk desanya dan mengajari seketaris desa (sekdes) mereka cara mengelola website, menulis, menerbitkan, cara tata kelola konten yang baik dan benar dsb. Dengan bayaran 3 juta rupiah namun dengan syarat harus menggunakan alamat domain desa.id tidak mahu pakai nama domain dot .com atau .id seperti website desa saya alasannya buat didaftarin ke kemendes harus desa.id baru diterima.
Sebagai orang memang mengkomersilkan bahkan dengan membuka bisnis jasa layanan pembuatan website, blog dan toko online saya sih mengiyakan saja apa permintaan pelanggan cuma yang menarik kenapa orang dari kelurahan bisa istilahnya ngecer sewa jasa dari agusweb.com jasa pembuatan website? Bukankah setiap desa punya jatah bantuan web?
Dan ternyata setelah ngobrol kasusnya sama seperti desa saya, desa mereka tidak masuk daftar penerima bantuan website desa padahal potensi wisata desa tersebut cukup menjanjikan jadi obyek wisata domestik menarik banyak dikunjungi wisatawan jika dikelola dengan baik serta di promosikan terutama promosi gratis melalui jaringan internet memanfaatkan sebuah situs web sendiri.

Setelah itu saya jadi sering mendapat order pembuatan website desa dari desa-desa yang tidak mendapat bantuan dan yang dengan inisiatif sendiri ingin punya tanpa menunggu gratisan dengan tarif jasa mulai Rp1.000.000 sudah meliputi server web hosting dengan kapasitas besar, premium themes, domain, optimasi seo, pelatihan dan garansi perbaikkan error.
Alhamdulillah banget rezeki. belakangan mereka yang pesan di bikinin web saya sarankan untuk pakai domain dot .com saja sebab desa.id disamping susah terindex google juga situs dengan domain .id tidak dapat diketemukan di google internasional misal orang di hong kong tidak akan pernah menemukan website berdomain entitas indonesia (.id) sekalipun pengguna mengetik kata kunci pencarian langsung nama desa tersebut.
Sedangkan tujuan utama adanya website desa bukankah untuk memperkenalkan potensi desa yang ada seperti tempat wisata setempat? Bagaimana turis datang mahu sampai info tentang desa kita jika mereka tidak menemukan informasi tentang keberadaan desa kita di internet?

baca juga penyebab website desa sulit terindex google
.

Dan sekalian pada kesempatan posting kali ini saya iklan, mungkin pembaca juga ingin dibuatkan website desa?
Saya siap bantu buatkan yang bagus tampilan, fitur menu lengkap, pelatihan cara-cara penggunaan dan pastinya bantuan agar website mudah diketemukan orang di mesin pencarian google.
Jika berminat silahkan hubungi saya untuk informasi lebih lengkap.

Demikian ulasan saya berjudul Cara Membuat Website Desa Gratis ini yang berisi cerita mengenai pengalaman tidak punya sampai akhirya jadi ahli pembuat web untuk banyak orang.